• Banyaknya Peminat Ikan Lele

    Walaupun harga dikit naik, peminat ikan lele di pasar Pharaa Sentani Kabupaten Jayapura, terus tinggi. Mungkin saja lantaran harga ikan laut sampai saat ini tetap membubung tinggi serta ikan lele di pasar relatif lebih fresh. 

     

    Tidak cuman ikan laut, ikan lele ikut berubah menjadi ikan yg laku di pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura, di mana costumer pembelih tidka cuma mereka yg OAP saja. 

     

    Dari pantauan Jubi di pasar paling besar di Kabupaten Jayapura ini, Kamis (17/1/2019) pagi, meski harga lele naik berubah menjadi Rp 40 ribu per kilo-gram dari Rp 35 ribu awal kalinya, tetapi konsumen terus ramai. Mereka ada buat beli dengan ukuran yg sama dengan keinginan. 

     

    Pak Sekar, pria asal Jawa Tengah, yg hari-hari kerja jadi penjual lele di pasar Pharaa Sentani, mengemukakan kenaikan harga lele ini lantaran mengatur pada harga barang yang lain. 

     

    " Sebelumnya kami jual 1 kilo itu Rp 35 ribu. Namun disaat harga barang naik, kami naikkan ikut berubah menjadi Rp 40 ribu. Kami cuman makin Rp 5 ribu saja, " katanya. 

     

    Kata Sekar, satu kilo-gram lele dapat berisi sejumlah ekor, terkait ukuran per ekor lele. 

     

    “Satu kilo dapat isi 4 hingga 8 ekor, terkait besar kecilnya ikan lele yg di ambil, " ujarnya. 

     

    Sekar menghadirkan lele dari Komba Sentani. Sekali masuk di pasar Pharaa, ada lebih kurang 400 ekor. 

     

    " 400 ekor itu seluruh yg masuk di pasar ini. Satu hari saya dapat bawa juga 3 hingga 4 ember, " ujarnya. 

     

    Pria yg udah delapan tahun di Tanah Tabi, Kabupaten Jayapura ini, mengemukakan awal jualan lele, sedikit yg beli. Orang tak tertarik pada lele. Namun sehabis paham nyata-nyatanya lele tak kalah lezat dibandingkan ikan laut, saat ini telah banyak yg tak kuatir kembali beli ikan lele. 

     

    " Yg sangat banyak beli itu orang gunung serta orang pantai. Bila orang pendatang itu mereka baru mengerti serta mereka sukanya beli yg kecil-kecil, 1 kilo bisa 7 atau 8 ekor. Bila orang Papua lebih sukai yg besar, " ujarnya. 

     

    Pada tempat yg terpisah, Opince Wanimbo, mengemukakan ikan yg sangat enak itu ikan yg segar-segar. 

     

    " Ikan lele serta ikan danau itu bila baru bawa juga itu enak lantaran ikannya tetap fresh. Bila ikan laut kita tidak mengerti to fresh atau mungkin tidak, " ujarnya. 

     

    Dia ikut mengemukakan disaat ke pasar lebih menentukan lele serta ikan danau


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: