• Ternyata Sekian Banyak Hasil Laut Belum Cukup Penuhi Permintaan Pasar

    Keperluan ikan serta hasil laut yang lain di Kabupaten Cirebon cukuplah tinggi. Perihal ini membuat keinginan ikan, kerang serta lain-lainnya tidak dapat dipenuhi dengan nelayan lokal. Keadaan itu memaksa beberapa distributor ataupun entrepreneur kerang hijau menghadirkan ikan serta kerang di luar daerah untuk mensuplai keperluan kerang itu. 

     

    Salah satunya distributor ikan serta kerang di Desa Mundu Pesisir Hj Carnima pada Radar Cirebon menjelaskan, beberapa ikan serta kerang yang dia datangkan datang dari Indaramayu, Surabaya serta daerah yang lain untuk penuhi keperluan pasar lokal. 



    “Ini jika kerang dari Surabaya semua. Jika dari Cirebon ya tidak akan cukuplah, termasuk juga untuk ikan juga. Banyak yang perlu dipasok, bukan sekedar di sini untuk keperluan lokal tetapi untuk lokasi Bandung ikut,” katanya. 

     

    Sehari-harinya sangat dikit 1/2 ton sukses dia jual. Jumlahnya itu dapat makin bertambah bila ada momen-momenn spesial yang memerlukan kerang hijau. 

    Read More : kerang laut untuk dipelihara

     

    “Jadi, bukan sebab ikan serta kerang hijau dari Cirebon saat berkompetisi. Sebetulnya jika di tempat ini barangnya ada saya mungkin cukuplah beli di sini. Tetapi produksi kerang hijau di Cirebon belumlah dapat memenuhi untuk keperluan distributor, lebih untuk pasar lokal saja kerepotan, sebab keinginan pasarnya saja tinggi,” okeh paparnya. 

     

    Walau ada rumor kerang hijau beracun, akan tetapi kenyataannya sampai sekarang kerang hijau masih eksis serta tidak kehilangan konsumen setia. Bahkan juga konsumsinya sehari-hari condong naik, walau harga nya cukuplah mahal. 

     

    “Untuk kerang hijau, perkilogramnya sekarang ini harga nya seputar 20 ribu. Bahkan juga kemarin-kemarin sudah sempat naik jadi 24 ribu, tetapi itu yang telah dikupas, jadi walau harga nya cukup tinggi tetapi yang berminat ada banyak,” jelasnya. 

     

    Selain itu, Sunami pedagang di Pasar Mundu mengakui kerang hijau belum pernah kehilangan customer. Akan tetapi sayangnya sampai sekarang ini di Cirebon sendiri produksinya belum juga mencukupi serta masihmengandalkan supply di luar daerah. 

     

    “Padahal kekuatan pasarnya ada, beberapa yang beradar di Cirebon ini kiriman di luar daerah. Di sini kan sedikit petani kerang hijaunya, ditambah lagi untuk ikan. Di sini belumlah dapat buat nyukupin keperluan pasar, bahkan juga ada pula yang ikan import,” katanya.

  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: